Warna Favoritku สีที่ฉันชอบ

Bagaimana cara mengenal warna dalam bahasa Thailand?
Berikut ini adalah salah satu pelajaran bahasa Thailand tentang warna favoritku. Pembelajar akan deperkenalkan dengan kosakata dan  paragraf yang membahasa tentang warna favoritku. wow tentu saja akan kesulitan memahaminya. hmm namun jangan putus asa dengan ketekunan anda pasti bisa.

Kosakata

Merah          สีแดง  /si-deng/
Stroberi       สตรอว์เบอร์รี /sa-traw-ber-ry/
Semangka   แตงโม  /teng-mo/
Delima         ทับทิม /thab-thim/
Tomat           มะเขือเทศ  /ma-khue-thet/
Cabai           พริก  /prik/
Bangsa         ชาติ  /chat/
Kipas angin  พัดลม  /phat-lom/
hangat          อบอุ่น /ob-oun/

Cobalah berlatih membaca 
Paragraf Bahasa Thailand
สวัสดี ฉันชื่อ Maharani ฉันเป็นนิสิตมหาวิทยาลัยนเรศวร วันนี้ฉันจะมาเขียนถึงสีที่ฉันชอบ ฉันชอบสีแดง เพราะสีแดงให้ความรู้สึกร้อนแรง
ฉันมีข้าวของที่มีสีแดงมาก เสื้อคลุมของฉันมีสีแดง 
รถมอเตอร์ไซต์ของฉันมีสีแดงและรถมอมอเตอร์ไซต์ของเพื่อนฉันมีสีแดง หมวกกันน็อคของฉันมีสีแดง
พัดลมของฉันมีสีแดงด้วย
นอกจากจะชอบสิ่งของที่มีสีแดงแล้ว ฉันยังชอบอาหารและผลไม้ที่มีสีแดงด้วย เช่น ข้าวหมูแดง  สตรอว์เบอร์รี แตงโม ทับทิม มะเขือเทศ และพริก ฉันชอบกินพริกสีแดงมากกว่าสีเขียว เวลาฉันอยู่ใกล้สิ่งของที่มีสีแดง ฉันรู้สึกอบอุ่น ฉันชอบสีแดง เพราะฉันเกิดวันอาทิตย์ สีแดงเป็นสีประจำวันอาทิตย์ ในธงของประเทศไทย มีสีแดงด้วย
สีแดงในธงของประเทศไทย คือ ชาติ 
ฉันชอบสีแดงมาก เวลาอยู่ใกล้สีแดงทำให้ฉันรู้สึกมีพลัง ฉันมีความสุขมากๆเมื่อได้เห็นสีแดง ถ้าคุณเห็นสีแดง โปรดคิดถึงฉัน

Bahasa Indonesia
Halo, Nama saya Maharani. Saya adalah mahasiswa Universitas Naresuan. Hari ini saya akan menulis tentang warna favoritku.
Saya suka warna merah karena warna merah membuatnya terasa panas. Saya punya banyak benda berwarna merah. Mantelku berwarna merah. Motorku berwarna merah dan motor temanku berwarna merah. Helmku berwarna merah. Kipas anginku berwarna merah juga.
Selain menyukai hal-hal yang berwarna merah. Saya juga suka makanan dan buah-buahan yang berwarna merah. Seperti nasi daging babi merah (Khaw moo dang), stroberi, semangka, delima, tomat dan cabai. Saya suka makan cabe merah lebih dari hijau. Ketika saya berada di dekat hal-hal merah saya merasa bergairah. Saya suka warna merah karena saya lahir pada hari Minggu. Merah adalah warna hari Minggu. Di bendera Thailand ada warna merah. Warna merah di bendera Thailand adalah simbol bangsa.
Saya suka merah. Saat hampir merah membuat saya merasa bersemangat. Saya sangat senang ketika melihat warna merah. Jika Anda melihat merah, tolong beritahu saya.